Minggu, 30 Mei 2010

LAPORAN LABA RUGI PERUSAHAN JASA

Laporan Laba-Rugi Perusahaan Jasa
Sebelum membahas materi lebih dalam akan saya jelaskan dulu pengertian laporan labarugi. Yang dimaksud dengan pengertian laporan laba-rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan pendapatan dan beban suatu perusahaan pada periode tertentu. Dari definisi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa isi dari laporan laba-rugi adalah terdiri dari dua unsur, yaitu:
1. Revenue (hasil) atau pendapatan.
2. Expenses (beban-beban).
Pendapatan adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan perusahaan seperti penjualan barang dagangan, memberikan jasa kepada langganan, sewa dari hak milik, meminjamkan uang dan lain pekerjaan yang mengarah untuk mendapatkan hasil. Pendapatan ini merupakan hasil perusahaan yang mengakibatkan bertambahnya kapital/modal. Karena itu dicatat sebelah kredit.
Beban adalah pengeluaran uang atau prestasi yang diterima untuk menjalankan perusahaan atau proses produksi yang dipergunakan dalam rangka mendapatkan hasil tersebut. Biaya ini merupakan beban perusahaan yang mengakibatkan berkurangnya kapital/modal. Kerena itu dicatat sebelah debet.
Setelah mempelajari materi tentang pengertian laporan laba-rugi perusahaan jasa, baiklah akan saya lanjutkan materi tentang:
1. Bentuk laporan
2. Metode penyajian.
1. Bentuk Laporan
Laporan penghitungan laba-rugi dapat disusun dalam dua bentuk, yaitu:
Bentuk laporan (stafel) yang ditulis berbentuk halaman ke bawah.
Bentuk sebelah-menyebelah (skontro) yang ditulis berbentuk sebelah kiri dan sebelah kanan.
2. Metode Penyajian
Laporan laba-rugi dapat disusun dalam dua langkah.
Single Step (langkah tunggal)
Penyajiannya semua pendapatan dijumlahkan menjadi satu dikurangi seluruh beban yang ada pada periode laporan.

Multi Step (langkah ganda)
Penyajiannya ialah pendapatan dikelompokkan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha. Sedangkan beban dikelompokkan menjadi beban usaha dan di luar usaha. Penyajian dengan langkah ganda akan dapat dilihat laba yang diperoleh dari usaha dan laba yang diperoleh dari luar usaha.
Laporan laba-rugi hendaklah memuat beberapa hal:
• Menuliskan nama perusahaan.
• Menuliskan jenis laporannya dalam hal ini: laporan laba-rugi.
• Menyajikan periode laporan.
• Menyajikan pendapatan dan beban, beban ditulis secara rinci dan lengkap. Penulisan beban dimulai dari yang terbesar ke beban terkecil, kecuali beban lain-lain ditulis paling bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar