Selasa, 08 Juni 2010

asal mula pengertian akuntansi..

TRANSAKSI
Asal mula ilmu Akuntansi adalah dengan adanya kejadian Transaksi. Transaksi yang dimaksud disini adalah Transaksi yang bersifat keuangan. Mengapa bersifat keuangan ??? Karena dalam ilmu akuntansi sebuah barang atau transaksi hanya dapat diukur dengan satuan nominal yang berupa uang (Kas), Bukan barang. Bila melakukan transaksi dengan cara menukar antara barang dan barang tidak dapat disebut transaksi. Karena tidah ada ukuran berupa nominal pada barang tersebut (Barter).

PROSES PENCATATAN
Dari sebuah Transaksi kita mendapatkan data Transaksi. Kemudian data transaksi itu kita identifikasi apakah data tersebut termasuk kas, piutang, hutang dsb. Setelah seluruh data telah kita indentifikasi lalu data tersebut kita catat dalam sebuah jurnal umum. Proses dari transaksi tersebut merupakan proses pencatatan pada ilmu Akuntansi

PROSES PENGELOMPOKAN
Setelah data dari transaksi telah di identifikasi dan di tulis dalam jurnal umum, data dari transaksi itu di kelompokan kedalam Buku besar. Di dalam buku besar ini semua data transaksi di pisahkan, mana data yang masuk kedalam bagian Kas, piutang , hutang, dsb

PROSES PENGIKHTISARAN
Setelah data dari transaksi di kelompokan kedalam buku besar, lalu seorang akuntan mengikhtisarkan data-data tersebut kedalam neraca saldo.

PROSES PELAPORAN
Setelah data dari transaksi di ikhtisarkan kedalam buku besar, lalu dimasukan kedalam neraca lajur dan masukan ke laporan keuangan. Guna dari laporan keuangan adalah untuk memberikan data dan kesimpulan dari kejadian transaksi yang dilakukan selama ini.

Jadi kesimpulanya AKUNTANSI adalah ilmu yang mempelajari proses pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran dam pelaporan dari sistem transaksi yang diukur dengan satuan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar